salam pembuka

MAAF...! UNTUK SEMENTARA KAMI TIDAK MELAYANI TRANSAKSI FILE SKIPSI

السلام عليكم ورحمة الله وبركاتة

Get this widget

Sabtu, 21 Januari 2012

POST YANG SELALU BERADA DI URUTAN TERATAS HALAMAN UTAMA


POST YANG SELALU BERADA DI URUTAN TERATAS HALAMAN UTAMA
Sekitar dua hari yang lalu, pada kolom komentar di salah satu artikel saya yang berjudul Perbedaan Post dan Page pada blog WordPress, muncul sebuah pertanyaan mengenai cara mengatur sebuah post agar selalu berada di urutan teratas pada halaman utama blog yang berbasis WordPress.
Awalnya saya ingin menjawab pertanyaan itu secara langsung lewat komentar balasan di artikel yang sama. Namun setelah saya pikirkan kembali, akhirnya saya memutuskan untuk menampilkan penjelasan mengenai pertanyaan tersebut dalam sebuah posting terpisah agar lebih terperinci sehingga lebih mudah untuk dipahami. Selain itu dengan memisahkannya dalam artikel tersendiri tentunya akan lebih memudahkan pengunjung blog ini di masa mendatang dalam mencari jawaban atas permasalahan yang sama.
Untuk menjadikan sebuah post selalu berada di halaman utama, dan bahkan di urutan teratas meskipun kita selalu menulis post-post baru setiap saat, dapat kita lakukan dengan cara yang cukup sederhana. Mula-mula kita harus login ke dashboard blog WordPress kita. Dari dashboard kita pilih sub menu  Edit pada menu Posts. Pada bagian tengah halaman, kita akan melihat list atau daftar artikel yang sudah kita tulis. Pilih posts yang akan kita rencanakan selalu berada pada urutan teratas pada tampilan halaman utama. Pada gambar di bawah saya mengambil contoh artikel saya yang berjudul Daftarkan Situs/Blog Anda Ke Search Engine.
Di sebelah kanan atas halaman tampak deretan menu setting artikel tersebut. Menu tersebut antara lain Publish, Tags, dan Categories. Perhatikan menu Publish; di sana kita akan melihat sub-menu Visibility, secara default tertulis Visibility : Public. Di sebelah kanannya terdapat tulisan Edit. Klik tulisan tersebut sehingga muncul menu setting untuk visibility.
Di bawah tulisan Public ( yang artinya post tersebut terbuka untuk publik) akan muncul form bertuliskan Stick this post to the front page. Contreng kotak dialog yang disediakan untuk mengaktifkan settingan dimaksud (lihat gambar di atas). Setelah itu tinggal klik tombol bertuliskan Update Post. Nah, kita sudah berhasil menjadikan artikel tersebut menjadi Sticky atau selalu berada di top list pada halaman utama blog kita, meskipun kita menulis artikel-artikel yang lebih baru sesudahnya.
Meskipun bukan merupakan sesuatu yang essensial, menurut saya default permalink setting pada wordpress perlu diubah agar terlihat lebih cantik. Tapi tunggu dulu…sebelumnya kita perlu tahu, apa sih permalink itu ? Dengan kalimat sederhana, permalink adalah susunan alamat URL yang merujuk pada halaman suatu situs. Permalink ini akan muncul di address bar pada browser ketika sebuah halaman situs dibuka.
Ketika kita menulis sebuah artikel, maka secara otomatis artikel tersebut memiliki permalink yang merujuk pada halaman artikel tersebut di blog kita. Contohnya, saya menulis artikel berjudul “tutorial” dalam kategori “tutorial“. Secara default, wordpress akan membuat permalink untuk   artikel tersebut dengan pola http://jip-banten.com/?p=123 dimana 123 adalah urutan dari posting tersebut. Default permalink tersebut tentunya terlihat kurang cantik. Bandingkan dengan permalink posting tersebut sesudah saya ubah.
Setelah default settingnya diubah, maka permalink untuk artikel tersebut akan berubah dengan  susunan http://jip-banten.com/tutorial/tutorial/Susunan permalink yang demikian tentu terlihat lebih baik, terutama untuk kepentingan tampilan di search engine.
Untuk merubah setting permalink, terlebih dahulu kita harus login ke dashboard, cari menu Settings dan pilih sub menu Permalink. Pada bagian Common setting akan terlihat pilhan tampilan permalink yang bervariasi. Ada yang berdasarkan tanggal posting artikel, ada pula yang berdasarkan numeric urutan posting. Jika anda menginginkan susunan permalink berdasarkan kategori seperti pada blog ini, maka anda dapat memilih form Custom Structure dan isi dengan /%category%/%postname%/ setelah itu klik tombol biru bertuliskan Save Changes.
Normalnya, dengan melakukan langkah-langkah di atas maka susunan permalink artikel sudah berhasil diubah. Namun ada kalanya ketika anda melakukan save changes akan muncul peringatan bahwa perubahan setting permalink gagal dilakukan. Bisanya hal tersebut terjadi karena tidak adanya file .htaccess yang dibutuhkan untuk melakukan perubahan setting. Jika ini terjadi, anda bisa mengatasinya dengan membuat sendiri file .htaccess anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ALHAMDULILLAH